Jumat, 12 Juli 2013

Analisis SWOT


Nama : Nur Vita Dinana
Nim : 101211073


Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaa strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
I.                   KELEMAHAN
Untuk memulai usaha, tidak selamanya membutuhkan modal yang besar. Munculnya berbagai peluang usaha kecil menengah dengan modal usaha rata-rata dibawah Rp 10 juta, memberikan bukti bahwa kesuksesan pun dapat dimulai dari peluang usaha modal kecil. Hal inilah yang saat ini memotivasi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mereka, dengan mencoba berbagai peluang usaha kecil menengah yang prospeknya cukup menguntungkan.
Salah satu peluang yang saat ini cukup menguntungkan, yaitu memulai usaha kecil menengah dengan memproduksi tas. Perkembangan bisnis fashion yang setiap harinya semakin meningkat, menjadi lahan yang cukup empuk bagi para pelaku usaha dibidang tersebut. Sebab hampir semua produk fashion, selalu laris diserbu para konsumen. Begitu juga dengan produk tas, sekarang ini tas bukan hanya sebagai kebutuhan sekolah atau kerja saja. Namun, kini tas menjadi bagian fashion yang banyak digemari konsumen khususnya kaum hawa.
Konsumen
Sasaran pasar produsen tas mencakup semua orang, baik wanita maupun pria, anak-anak maupun dewasa, sampai karyawan, pelajar dan mahasiswa. Karena mereka membutuhkan tas untuk bersekolah, kuliah, maupun untuk kerja. Namun bukan itu saja, saat ini para wanita khususnya remaja dan ibu-ibu, menjadikan tas sebagai bagian dari trend fashion. Sehingga mereka sering mencari tas, untuk memenuhi kebutuhan fashion yang sesuai dengan busana mereka.
Info bisnis
Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu modal yang dibutuhkan. Bukan hanya modal uang saja yang dibutuhkan, namun juga modal ketrampilan dalam memproduksi tas. Persiapan selanjutnya yaitu mencari jaringan yang dapat diajak untuk bekerjasama, baik untuk mencari bahan baku, sampai jaringan pemasaran.
Setelah semua persiapan sudah siap, selanjutnya Anda dapat mencari lokasi usaha yang strategis. Misalnya saja lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus maupun perkantoran. Dengan mendekatkan usaha tas dengan pasar, secara tidak langsung dapat membantu Anda untuk memasarkan produk tersebut. Selain itu usahakan untuk membuat desain tas yang unik dan menarik, agar produk Anda tidak mudah ditiru produsen lain dan diminati oleh konsumen.
Kelebihan bisnis
Meningkatnya minat konsumen akan produk tas, menjadi salah satu keuntungan bagi bisnis ini. Karena saat ini tas menjadi salah satu kebutuhan wajib dalam berbusana, oleh sebagian besar masyarakat baik pria maupun wanita. Sehingga permintaan pasar akan tas juga menunjukan peningkatan yang cukup bagus. Selain itu untuk membuka usaha ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Sehingga siapa saja bisa mencoba peluang usaha kecil menengah tersebut, karena usaha ini bisa dibuka dengan modal dana kurang dari 10 juta.
Kekurangan bisnis
Hambatan yang sering dihadapi oleh bisnis ini antara lain melonjaknya harga bahan baku tas, biasanya semakin banyak permintaan tas maka bahan baku pun akan ikut langka dan harganya melonjak. Selain itu persaingan bisnis yang cukup ketat, kondisi ini menuntut para produsen untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan desain tas yang unik dan menarik guna memenangkan persaingan.
Pemasaran
Untuk memasarkan produk tas dapat dilakukan dengan menitipkannya melalui toko-toko atau butik fashion yang ada di sekitar Anda. Selain itu Anda juga bisa memasarkannya dengan menerima pesanan dari konsumen, baik melayani partai besar maupun partai kecil. Sehingga penjualan produk tas Anda meningkat, dan bisa dikenal pasar yang lebih luas.
Anda juga bisa memasarkannya dengan memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut, sehingga informasi mengenai produk Anda dapat menyebar di kalangan masyarakat. Strategi promosi pengenalan produk, juga dapat dilakukan dengan cara mengikuti pameran-pameran yang belakangan ini sering diadakan oleh berbagai pihak.
Tidak hanya itu, seiring dengan perkembangan jaman Anda juga bisa memasarkannya melalui internet. Misalnya dengan membuat website, blog atau bisa juga membuat toko online gratis melalui jejaring sosial yang berkembang saat ini.
Kunci sukses
Yang menjadi kunci kesuksesan usaha kecil menengah seperti produsen tas,yakni kreatifitas. Kreatifitas dibutuhkan untuk menghasilkan produk tas yang unik dan menarik dengan harga terjangkau. Sehingga produk Anda diminati konsumen, dari berbagai golongan.
Tingkatkan terus kemampuan Anda dalam memproduksi tas, sehingga produk yang dihasilkan semakin hari kualitasnya juga semakin bagus. Buat juga strategi pemasaran yang efektif, agar dapat mendukung penjualan produk ditengah persaingan pasar yang sudah sangat ketat.

II.                KELEBIHAN
Tas menjadi pelengkap gaya yang selalu menjadi buruan. Model, desain ,dan trennya selalu saja ada yang baru. Hal inilah yang diyakini bahwa peluang bisnis tas tak pernah surut. Simak berbagai cara menggeluti bisnis tas, mulai dari produksi sendiri, sampai membeli barang impor.
Apalagi saat memulai bisnis Siti hanya memasarkan melalui media online. Dengan demikian sampel tas yang dijualnya hanya berupa foto-foto produk. Siti juga menilai, bisnis ini bukan sekadar bisnis musiman, karena produk tas merupakan barang yang tidak kenal musim alias selalu ada model dan tren terbaru yang digandrungi. Hal ini membuat usaha tas wanita mempunyai peluang untuk tetap eksis.
Awal ketertarikannya berbisnis tas adalah karena melihat pangsa pasar tas fashionable dengan harga terjangkau masih jarang. Konsumen pun langsung merebut peluang ini dengan membuat tas yang ia desain sendiri dan dijual kepada teman-temannya saat masih kuliah. Dari produksi kecil-kecilan serta desain yang trendi, kini konsumen sudah mampu memproduksi 300 tas dengan desain eksklusif, sesuai dengan konsep usaha yang dibangunnya.

DESAIN DAN PRODUKSI SENDIRI
Bisnis tas ini bisa dijalankan dengan berbagai cara. Jika memiliki minat dan kemampuan mendesain produk  fashion, menciptakan desain tas sendiri yang sesuai dengan keinginan maupun tren yang sedang digandrungi bisa jadi langkah yang tepat. Ditambah lagi jika didukung dengan modal yang cukup untuk membangun workshop sebagai kegiatan produksi serta merekrut karyawan.
Berawal dari idenya mendesain dan menjual agenda untuk sebuah perusahaan. Mendesain sendiri produk agenda yang dijualnya, selanjutnya melangkah dengan produk lain yakni dompet gadget hingga tas laptop. Kedua produk tersebut diusung sebagai produk jualan utamanya.
Hal ini dikarenakan tren yang kian berkembang dan meginspirsi untuk mendesain aksesori dengan model yang trendi, khususnya untuk para wanita. Dari gagasan ide produk yang  didesain sendiri  tentu akan memilki kelebihan. Yang pasti dompet dan tas yang diproduksi memiliki model  dan kualitas yang berbeda dari produk sejenis yang  beredar di pasaran.
Secara eksklusif, kualitas bahan pun menjadi hal yang menentukan desain tas. menggunakan berbagai bahan dengan kualitas terbaik seperti, kulit asli, kulit imitasi, kanvas, nilon, dan jeans. Dalam menciptakan desain, harus senantiasa update dengan perkembangan mode dan tentunya perkembangan agar terus melahirkan inovasi untuk desainnya.
Servis ini melayani penggantian tas yang baru secara gratis, jika tas yang dibeli konsumen mengalami kerusakan parah. Dengan berbagai pelayanan dan kelebihan ini, seiring waktu pesanan tas Dini kian meningkat. Lantas membangun workshop untuk produksi di Sekitrnya.

1 komentar:

  1. artikel berisi informasi penuh ilmu yang sangat membantu pembaca dalam menambah wawasan seputar analisis bisnis, terimakasih...
    Aplikasi Kasir Android Offline

    BalasHapus