Nama
: Nur Vita Dinana
Nim
: 101211073
|
Analisis SWOT
Analisis
SWOT adalah metode perencanaa strategis yang digunakan untuk mengevaluasi
kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan
ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
I.
KELEMAHAN
Untuk
memulai usaha, tidak selamanya membutuhkan modal yang besar. Munculnya berbagai
peluang usaha kecil menengah dengan modal usaha rata-rata dibawah Rp 10 juta,
memberikan bukti bahwa kesuksesan pun dapat dimulai dari peluang usaha modal
kecil. Hal inilah yang saat ini memotivasi masyarakat untuk meningkatkan
perekonomian mereka, dengan mencoba berbagai peluang usaha kecil menengah yang
prospeknya cukup menguntungkan.
Salah
satu peluang yang saat ini cukup menguntungkan, yaitu memulai usaha kecil
menengah dengan memproduksi tas. Perkembangan bisnis fashion yang setiap
harinya semakin meningkat, menjadi lahan yang cukup empuk bagi para pelaku
usaha dibidang tersebut. Sebab hampir semua produk fashion, selalu laris
diserbu para konsumen. Begitu juga dengan produk tas, sekarang ini tas bukan
hanya sebagai kebutuhan sekolah atau kerja saja. Namun, kini tas menjadi bagian
fashion yang banyak digemari konsumen khususnya kaum hawa.
Konsumen
Sasaran
pasar produsen tas mencakup semua orang, baik wanita maupun pria, anak-anak
maupun dewasa, sampai karyawan, pelajar dan mahasiswa. Karena mereka
membutuhkan tas untuk bersekolah, kuliah, maupun untuk kerja. Namun bukan itu
saja, saat ini para wanita khususnya remaja dan ibu-ibu, menjadikan tas sebagai
bagian dari trend fashion. Sehingga mereka sering mencari tas, untuk memenuhi
kebutuhan fashion yang sesuai dengan busana mereka.
Info bisnis
Sebelum
memulai bisnis ini, sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu modal yang
dibutuhkan. Bukan hanya modal uang saja yang dibutuhkan, namun juga modal
ketrampilan dalam memproduksi tas. Persiapan selanjutnya yaitu mencari jaringan
yang dapat diajak untuk bekerjasama, baik untuk mencari bahan baku, sampai
jaringan pemasaran.
Setelah
semua persiapan sudah siap, selanjutnya Anda dapat mencari lokasi usaha yang
strategis. Misalnya saja lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus maupun
perkantoran. Dengan mendekatkan usaha tas dengan pasar, secara tidak langsung
dapat membantu Anda untuk memasarkan produk tersebut. Selain itu usahakan untuk
membuat desain tas yang unik dan menarik, agar produk Anda tidak mudah ditiru
produsen lain dan diminati oleh konsumen.
Kelebihan bisnis
Meningkatnya
minat konsumen akan produk tas, menjadi salah satu keuntungan bagi bisnis ini.
Karena saat ini tas menjadi salah satu kebutuhan wajib dalam berbusana, oleh
sebagian besar masyarakat baik pria maupun wanita. Sehingga permintaan pasar
akan tas juga menunjukan peningkatan yang cukup bagus. Selain itu untuk membuka
usaha ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Sehingga siapa saja
bisa mencoba peluang usaha kecil menengah tersebut, karena usaha ini bisa
dibuka dengan modal dana kurang dari 10 juta.
Kekurangan bisnis
Hambatan
yang sering dihadapi oleh bisnis ini antara lain melonjaknya harga bahan baku
tas, biasanya semakin banyak permintaan tas maka bahan baku pun akan ikut
langka dan harganya melonjak. Selain itu persaingan bisnis yang cukup ketat,
kondisi ini menuntut para produsen untuk lebih kreatif dan inovatif dalam
menciptakan desain tas yang unik dan menarik guna memenangkan persaingan.
Pemasaran
Untuk
memasarkan produk tas dapat dilakukan dengan menitipkannya melalui toko-toko
atau butik fashion yang ada di sekitar Anda. Selain itu Anda juga bisa
memasarkannya dengan menerima pesanan dari konsumen, baik melayani partai besar
maupun partai kecil. Sehingga penjualan produk tas Anda meningkat, dan bisa
dikenal pasar yang lebih luas.
Anda
juga bisa memasarkannya dengan memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut,
sehingga informasi mengenai produk Anda dapat menyebar di kalangan masyarakat.
Strategi promosi pengenalan produk, juga dapat dilakukan dengan cara mengikuti
pameran-pameran yang belakangan ini sering diadakan oleh berbagai pihak.
Tidak
hanya itu, seiring dengan perkembangan jaman Anda juga bisa memasarkannya
melalui internet. Misalnya dengan membuat website, blog atau bisa juga membuat
toko online gratis melalui jejaring sosial yang berkembang saat ini.
Kunci sukses
Yang
menjadi kunci kesuksesan usaha kecil menengah seperti produsen tas,yakni
kreatifitas. Kreatifitas dibutuhkan untuk menghasilkan produk tas yang unik dan
menarik dengan harga terjangkau. Sehingga produk Anda diminati konsumen, dari
berbagai golongan.
Tingkatkan
terus kemampuan Anda dalam memproduksi tas, sehingga produk yang dihasilkan
semakin hari kualitasnya juga semakin bagus. Buat juga strategi pemasaran yang
efektif, agar dapat mendukung penjualan produk ditengah persaingan pasar yang
sudah sangat ketat.
II.
KELEBIHAN
Tas
menjadi pelengkap gaya yang selalu menjadi buruan. Model, desain ,dan trennya
selalu saja ada yang baru. Hal inilah yang diyakini bahwa peluang bisnis tas
tak pernah surut. Simak berbagai cara menggeluti bisnis tas, mulai dari
produksi sendiri, sampai membeli barang impor.
Apalagi
saat memulai bisnis Siti hanya memasarkan melalui media online. Dengan demikian
sampel tas yang dijualnya hanya berupa foto-foto produk. Siti juga menilai,
bisnis ini bukan sekadar bisnis musiman, karena produk tas merupakan barang
yang tidak kenal musim alias selalu ada model dan tren terbaru yang
digandrungi. Hal ini membuat usaha tas wanita mempunyai peluang untuk tetap
eksis.
Awal
ketertarikannya berbisnis tas adalah karena melihat pangsa pasar tas
fashionable dengan harga terjangkau masih jarang. Konsumen pun langsung merebut
peluang ini dengan membuat tas yang ia desain sendiri dan dijual kepada
teman-temannya saat masih kuliah. Dari produksi kecil-kecilan serta desain yang
trendi, kini konsumen sudah mampu memproduksi 300 tas dengan desain eksklusif,
sesuai dengan konsep usaha yang dibangunnya.
DESAIN DAN PRODUKSI
SENDIRI
Bisnis
tas ini bisa dijalankan dengan berbagai cara. Jika memiliki minat dan kemampuan
mendesain produk fashion, menciptakan
desain tas sendiri yang sesuai dengan keinginan maupun tren yang sedang
digandrungi bisa jadi langkah yang tepat. Ditambah lagi jika didukung dengan
modal yang cukup untuk membangun workshop sebagai kegiatan produksi serta
merekrut karyawan.
Berawal
dari idenya mendesain dan menjual agenda untuk sebuah perusahaan. Mendesain
sendiri produk agenda yang dijualnya, selanjutnya melangkah dengan produk lain
yakni dompet gadget hingga tas laptop. Kedua produk tersebut diusung sebagai
produk jualan utamanya.
Hal
ini dikarenakan tren yang kian berkembang dan meginspirsi untuk mendesain
aksesori dengan model yang trendi, khususnya untuk para wanita. Dari gagasan
ide produk yang didesain sendiri tentu akan memilki kelebihan. Yang pasti
dompet dan tas yang diproduksi memiliki model
dan kualitas yang berbeda dari produk sejenis yang beredar di pasaran.
Secara
eksklusif, kualitas bahan pun menjadi hal yang menentukan desain tas.
menggunakan berbagai bahan dengan kualitas terbaik seperti, kulit asli, kulit
imitasi, kanvas, nilon, dan jeans. Dalam menciptakan desain, harus senantiasa
update dengan perkembangan mode dan tentunya perkembangan agar terus melahirkan
inovasi untuk desainnya.
Servis
ini melayani penggantian tas yang baru secara gratis, jika tas yang dibeli
konsumen mengalami kerusakan parah. Dengan berbagai pelayanan dan kelebihan
ini, seiring waktu pesanan tas Dini kian meningkat. Lantas membangun workshop
untuk produksi di Sekitrnya.
artikel berisi informasi penuh ilmu yang sangat membantu pembaca dalam menambah wawasan seputar analisis bisnis, terimakasih...
BalasHapusAplikasi Kasir Android Offline